Aqidah Para Darwis | Isnusa

Aqidah para Darwish dan madrasah Syamiyah dalam ilmu kalam dan filsafat.
Isnusa - Aqidah para Darwish dan madrasah Syamiyah dalam ilmu kalam dan filsafat.


Syeikh Said Hawwa dulunya adalah seorang yang sangat menyukai ilmu logika dan filsafat barat. Kehidupan ilmiyahnya dikampus selalu dipenuhi dengan filsafat dan Ghazwul Fikr (perang pemikiran). Tetapi makin dia mendalami berbagai pemikiran beliau makin gelisah, beliau tidak menemukan ketenangan, padahal beliau mempelajari berbagai pemikiran di dunia bertujuan untuk membela aqidah Islam dan menjawab syubhat-syubhat yang dilemparkan lawan pada islam.

Hasilnya?!
Hidup beliau begitu hampa.

Sampai suatu hari beliau datang ke Jami' Taubah untuk hadir di majlis hadrah Sidi Muhammad Al-Hasyimi, seorang ulama dan wali besar negeri Syam ketika itu, mursyid tareqat Syadziliyah yang sudah meninggalkan kehidupan dunia, bergaya hidup dipenuhi kezuhudan, jauh dari kemewahan, sebagaimana para darwish. Tapi entah kenapa Syeikh Said Hawwa merasakan kebahagian ruhaniyah yang luar biasa bersama beliau.

Syeikh Said Hawwa mulai sering mengunjungi majlis beliau. Setiap kali beliau panat dengan dunia perang pemikiran beliau hadir di majlis hadrah. Yang membuat beliau takjub adalah ketika ada permasalahan yang beliau tidak ketemu jawabannya tentang pemikiran modern beliau bertanya pada Sidi Al-Hasyimi dan Syeikh Al-Hasyimi ini bisa memberi jawabannya.

Beliau tidak menyangka bahwa seorang darwish yang terkesan kampungan dan tidak peduli pada dunia ini memiliki literasi sangat tinggi pada pemikiran dan filsafat modern jauh lebih memahaminya melebihi dirinya yang sehari-hari terlihat selalu berkutat dengan hal tersebut.

Ini membuat beliau makin kagum dan berubah pandangan pada para darwish dimana para darwish selama ini hanya dianggap sebagai tempat ngalap berkah, namun ternyata mereka memahami perkembangan pemikiran modern melebihi orang-orang dikampus. Hanya saja mereka menganggap itu hanya sebagai obat untuk penyakit, sedangkan aqidah dan jalan menuju tuhan dan mencapai kebahagian islam sebenarnya dari jalan para darwish ini.

Mulai sejak itu kita melihat Syeikh Saidaid Hawwa berubah total, buku-buku beliau pada masa akhir hidupnya dipenuhi dengan ajaran Tasawuf para darwish, bahkan buku pemikiran sekalipun didasari ilmu Tasawuf.

Inilah madrasah Syamiyah dalam pembinaan aqidah, aqidah dibina bertujuan untuk mencapai ilmu hakikat. Ini juga yang membuat Imam Al-Ghazali hijrah ke Syam setelah mencapai puncak dalam dunia pemikiran yang nampak silau, beliau mengira inilah aqidah Islam, sampai akhirnya beliau sadar untuk apa sebenarnya kita mempelajari ilmu aqidah.

Beliaupun memutuskan hijrah untuk mempelajari aqidah para darwish. Para darwish yang bisa memadukan antara kitab syarah "Al-Mawaqif Al-Jurjani" dengan "Kibrit Ahmar Asy-Syarani", antara kitab pemikiran Syeikh Fachurudin Ar-Razi dengan kitab "Ruhaniyah Muhyidin Ibnu Araby". Mereka adalah pewaris madrasah sayidina abu darda

Ust Fauzan Inzaghi | ISNUSA
__________________________
Dari akun Jalan Sufi (FB)

Post a Comment

0 Comments