Abuya Mengungguli Ayahandanya As Sayyid Alawi | Isnusa

Abuya Mengungguli Ayahandanya As Sayyid Alawi | Isnusa

Isnusa - Abuya Sayyid Muhammad Al Maliki mengisahkan bahwa pada suatu hari beliau diajak Ayahandanya mengunjungi guru beliau Asy Syekh Sa'id Yamani di kediamannya di kampung "Ajyad" Makkah al Mukarromah.

Sesampainya di sana, kedua ulama besar ini melakukan diskusi keilmuan sebagaimana yang biasa mereka lakukan. Sementara Abuya saat itu masih berusia muda atau baru menginjak dewasa, sehingga beliau hanya mendengarkan apa yang sedang mereka diskusikan di majlis itu dan merekamnya dalam memori beliau, tanpa memberikan komentar apapun.

Di sela sela diskusi itu, Asy Syekh Said menatap wajah Abuya Muhammad seolah beliau sedang mengkasyafnya.

Kemudian beliau berkata, "Wahai Sayyid Alawi, saya ingin menyampaikan sesuatu kepadamu, tetapi kamu jangan marah."

As Sayyid Alawi bertanya penasaran, "Tentang apa, wahai Syekh?"

Asy Syekh Said berkata, "Tentang putramu, Muhammad ini."

As Sayyid Alawi berkata, "Jika itu, katakanlah apa yang ingin engkau katakan mengenai dirinya, dan aku tidak akan marah."

Asy Syekh Said pun berkata, "Saya memiliki firasat baik pada anakmu ini. Kelak ia akan menjadi orang besar. Bahkan, ia akan mengunggulimu dalam segala hal, baik dalam urusan ilmu,harta, tahta maupun martabat."

Mendengar itu, as Sayyid Alawi bukannya marah, tetapi beliau justru tersenyum senang, karena bisayarah itu keluar dari lisan mulia seorang Alim dan Waliyullah

Beliau berkata, "Insya Allah, apa yang engkau katakan itu betul betul akan terjadi wahai Syekh, dan memang itu yang saya harapkan dari anakku ini."

Maha Suci Gusti Allah..

Sumber : Muhibbin Abuya

Post a Comment

0 Comments